Menahan Pandangan Ghadzul Bashar

0
1126

Menahan Pandangan ( Ghadzul Bashar )

Apapun yang kita lihat niscaya akan direspons oleh akal pikiran kita dan juga direspons oleh suasana hati kita , semakin banyak yang kita lihat maka akan semakin banyak komentar yang akan terjadi, tentu saja melihat sesuatu adalah merupakan bagian nikmat dari Allah Subhanahu Wa ta’ala.

Tetapi melihat sesuatu bisa juga menjadi bagian dari bencana , jikalau kita tidak terlatih memilih apa yang akan kita pandang. Kita harus terus senantiasa berlatih untuk dapat mengendalikan mata kita sehingga apa yang kita lihat harus mempunyai nilai bagi kemuliaan diri kita, bagi produktivitas amal kita dan terutama bagi kepulangan kita ke akhirat nanti.

Ghadzul Bashar, menahan pandangan adalah bagian daripada lezatnya iman, manisnya ibadah , kalau ada diantara sahabat yang bertanya “ mengapa ibadah saya tidak khusyu ? ” salah satu diantara penyebabnya itu adalah pandangan yang tidak terjaga.

Marilah kita pilih untuk melihat hanya yang dihalalkan Allah dan memalingkan pandangan dari sesuatu yang haram , melihat wanita yang berpakaian tidak halal “ tahan pandangan ! “, Insya Allah kita akan merasakan manisnya iman.

Termasuk melihat lawan jenis yang akan menggelincirkan , semakin tertahan semakin terjaga hati ini, percayalah saudara-saudaraku kita tidak akan bisa bahagia dengan mengobral pandangan terhadap apapun yang diharamkan , kita akan jauh lebih nikmat ketika kita mempunyai keberanian untuk menahan , tahan……..!, tahan………! Palingkan pandangan dari yang tidak halal.

Lebih baik kita nikmati membaca Al Qur’an , membaca kitab-kitab yang dapat membuka hati kita daripada kita obral mata kita melihat sesuatu yang akan mengeraskan hati dan merusak lezatnya iman.

Bahayanya Pandangan

1. Fitnah terberat

Dari ‘Usamah bin Zaid ra, Rasulullah saw. bersabda: “Aku tidak meninggalkan setelahku sebuah fitnah yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada wanita.” (HR. Bukhari-Muslim)

2. Fitnah yang pertama terjadi

Dari Abu Sa’id Al Khudri ra, Rasulullah bersabda: “Sungguh dunia ini manis dan hijau (sedap dipandang), dan sungguh Allah swt menjadikan kalian sebagai khalifah di dalamnya, Allah ingin melihat bagaimana kalian berbuat. Takutlah kalian terhadap dunia dan takutlah kalian terhadap fitnah wanita. Sungguh fitnah pertama yang terjadi pada Bani Israil adalah karena wanita.” (HR. Muslim)

Bahkan menurut salah satu pendapat, Qabil membunuh Habil pun karena wanita. Kurban Habil diterima Allah, sehingga ia berhak memperistri saudari kembar Qabil yang cantik dan Qabil harus memperistri saudari kembal Habil yang tidak sepadan kecantikannya.

Begitu pula kisah dibunuhnya unta Nabi Saleh as. Pembunuhnya tergiur melakukannya karena diiming-imingi akan dinikahkan dengan wanita cantik.

‘Ulama Salaf dalam Menjaga Pandangannya

Rabi’ bin Khaizam ra: jika melewati wanita maka beliau menundukkan kepalanya ke dadanya sehingga para wanita itu mengira beliau buta. Dan para wanita itu berlindung kepada Allah swt dari kebutaan.
Dari Ibnu Abbas ra, Fadhl bin Abbas ra pergi mendampingi Rasul saw di hari Qurban dan dia duduk di belakang kendaraannya. Fadhl bin Abbas ra adalah seorang laki-laki yang tampan. Rasul saw berdiri memberikan fatwa kepada manusia. Tiba-tiba menghadap padanya seorang wanita dari suku Khats’am yang cantik untuk meminta fatwa kepada Rasul saw. Fadhl melihat dengan memperhatikan kepadanya dan beliau mengagumi kecantikannya, maka Nabi berpaling melihat wanita itu dan Fadhl juga melihatnya lalu Nabi memalingkannya dengan mengambil dagu Fadhl dan mengarahkan ke arah yang lain. Wanita itu berkata: “Wahai Rasul, apakah bagiku wajib melaksanakan Haji sedang ayahku sudah tua yang sudah tidak mampu mengendarai kendraan? Apakah aku wajib mengqadhanya untuknya?” Jawab Rasulullah saw: “Iya.” (HR. Bukhari)
Berkata Ma’ruf rhm: “Jagalah pandangan kalian walaupun dari kambing betina!”
***

Allahua’lam…

Semoga kita semakin terlatih untuk menahan pandangan kita yang akan membuat bathin kita terasa bercahaya . Wallahu a’lam Bishowab

  • Artikel ini diposting oleh Website Seindah Sunnah
  • Mohon menyebutkan link dari kami jika antum mengutip dari kami
Segera daftarkan nomer antum untuk mendapatkan Broadcast Dakwah WhatsApp Seindah Sunnah, klik ini
  • Kurma Ajwa Nabi Asli Madinah Grosir dan Eceran klik ini
Dukung Seindah Sunnah dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
  • IKLAN di Website ini hubungi WhatsApp berikut : +62 853 2525 8908
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0454-730-654 a.n. Musa Jundana
  • Mohon untuk konfirmasi donasi ke WhatsApp berikut : +62 853 2525 8908

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.