Inilah Jalan masuk surga, Sudahkah engkau menempuhnya ?

0
848

Segala puji bagi Allah yang mengutus kepada kita nabi-Nya dan mengenalkan kita kepadanya. Segala puji bagi Allah yang memuliakan kita dengan Al-Qur’an dan mengajarkannya kepada kita, menunjukkan kita menuju pintu-Nya dengan taufiq yang disematkan dalam diri kita.,. Pujian yang tiada pernah berakhir bagian awalnya dan tidak akan pupus bagian akhirnya.

Semoga shalawat dan salam terlimpah kepada Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa salam selama lisan dan bibir masih bergerak. Semoga terlimpah pula kepada keluarga, sahabat, dan pengikutnya hingga hari akhir kelak. amiin

Ada beberapa sebab dan jalan masuk surga. Siapapun yang menempuhnya, ia akan masuk surga dengan izin Allah ta’ala. Sebab-sebab masuk surga banyak sekali, dan penulis di sini hanya menyimpulkan sedikit dari sebab-sebab masuk surga dan riwayat-riwayat shahih seputar sebab-sebab masuk surga:

1. Bersaksi tiada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata yang tidak memiliki sekutu.

Diriwayatkan dari Ibn Umar, ia berkata: Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda :

سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ شَهِدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ النَّارَ (صحيح مسلم :٤٢ 

” Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa bersaksi bahwa tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah, dan bahwa Muhammad utusan Allah, niscaya Allah mengharamkan neraka atasnya.” ( Shahih Muslim : 42 )

2. Meninggal dunia dalam keadaan beriman kepada Allah dan hari akhir.

Diriwayatkan dari Abdillah bin Amr, ia berkata: Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda :

فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُزَحْزَحَ عَنْ النَّارِ وَيُدْخَلَ الْجَنَّةَ فَلْتَأْتِهِ مَنِيَّتُهُ وَهُوَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَلْيَأْتِ إِلَى النَّاسِ الَّذِي يُحِبُّ أَنْ يُؤْتَى إِلَيْهِ

“ Barangsiapa ingin diselamatkan dari neraka dan dimasukkan surga, hendaklah kematiannya datang menjemputnya dalam keadaan beriman kepada Allah dan hari akhir, dan hendaknya mendatangi sesama yang ia suka untuk didatangi orang”. ( H.R Muslim )

3. Taat kepada nabi.

Diriwayatkan dari Abu Harairah: Rasullulah Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda :

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله – صلى الله عليه وسلم – قال : كل أمتي يدخلون الجنة إلا من أبى ، قيل ومن يأبى يا رسول الله ؟! قال : من أطاعني دخل الجنة، ومن عصاني فقد أبى

“ Setiap dari umatku akan masuk surga kecuali yang orang yang enggan. Mereka berkata: Siapa itu orang yang enggan wahai Rasulullah ? Beliau menjawab: Barangsiapa yang taat kepadaku, ia akan masuk surga dan barangsiapa yang durhaka kepadaku, maka ia telah enggan”. ( H.R Bukhari ) 

4. Shalat Subuh dan Ashar

Diriwatkan dari Abu Musa-Al-Asy’ari, ia berkata: Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda :

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

“ Barangsiapa shalat di dua waktu dingin, ia masuk surga”. ( H.R Bukhari )

Yang dimaksud dari shalat di dua waktu dingin adalah sholat Subuh dan Ashar.

5.  Puasa sehari di jalan Allah.

من صام يوما في سبيل الله بعد الله وجهه عن النار سبعين خريفا

“ Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan karena puasa itu Allah menjauhkan wajahnya dari api neraka ( selama perjalanan ) 70 tahun”. ( H.R Bukhari )

6. Pahala haji mabrur adalah surga.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا الْجَنَّةُ

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda : “ Umrah satu ke umrah berikutnya adalah penebus dosa diantara keduanya dan haji yang mabrur tidak ada balasannya baginya  selain surga”.( H.R Tirmizi )

7. Berperang dijalan Allah meski sesaat.

Diriwayatkan dari Mu’adz bin Jabal, dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda :

من قاتل في سبيل الله عز وجل من رجل مسلم فواق ناقة وجبت له الجنة

“ Barangsiapa diantara kaum muslim yang berjihad dijalan Allah selama jeda waktu dua perahan susu unta, maka surga wajib baginya”.( H.R Tirmizi )

8. Berbakti kepada orang tua.

Diriwayatkan  dari Ibn Mas’ud, ia berkata: Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda :

عن النبي صلى الله عليه وسلم قال رغم أنف ثم رغم أنف ثم رغم أنف قيل من يا رسول الله قال من أدرك أبويه عند الكبر أحدهما أو كليهما فلم يدخل الجنة

“ Sungguh rugi sekali, rugi sekali, rugi sekali yaitu orang yang menjumpai kedua orang tuanya saat sakit, baik salah satunya atau keduanya namun ia tidak masuk surga”.( H.R Muslim )

9. Jujur dalam ucapan dan tindakan.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata: Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda :

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ

“ Hendaklah kalian jujur karena jujur menunjukkan pada kebaikan, kebaikan menunjukkan ke surga”.( H.R Bukhari )

10. Menjamin enam hal.

Diriwayatkan dari Sa’ad bin Sinan, dari Anas bin Malik dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa salam beliau bersabda :

سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : ” اكْفُلُوا لِي بِسِتٍّ أَكْفُلْ لَكُمْ بِالْجَنَّةِ ، إِذَا حَدَّثَ أَحَدُكُمْ فَلا يَكْذِبْ ، وَإِذَا ائْتُمِنَ فَلا يَخُنْ ، وَإِذَا وَعَدَ فَلا يُخْلِفْ ، غُضُّوا أَبْصَارَكُمْ ، وَكُفُّوا أَيْدِيَكُمْ ، وَاحْفَظُوا فُرُوجَكُمْ ” .

“ Terimalah enam hal untukmu, aku akan menjamin surga untuk kalian : jika salah seorang dari kalian bicara maka janganlah ia berdusta, jika ia berjanji maka janganlah ia memungkirinya, jika ia di percaya maka janganlah ia berkhianat, tunduklah pandangan, tahanlah tangan dan jagalah kemaluan kalian”.

Demikianlah sedikit artikel yang sudah saya tulis, mudah-mudahan artikel tersebut bermanfaat bagi saya dan kita semua. Semoga kita menjadi ahlul jannah. Amin.

NB : Demi menjaga kehormatan saudara kita, mohon di sertakan sumber dan linknya, Jazakumullahu Khairan

====================================
Daftar Whatsapp Nasehat Seindah Sunnah

Nama # Umur # L/P # Alamat kirim ke +62 852 1119 3332 ( Registrasi via Whatsapp langsung bukan via Sms )

Artikel Ini Di Posting oleh Website Seindah Sunnah
_______________________
Mohon menyebutkan link dari kami jika antum mengutip dari kami
_______________________
Bagi para pembaca yang Ingin Berdonasi untuk kemajuan dakwah kami

Bisa transfer ke rekening BNI Syariah kantor cabang Surakarta 0454-730-654

Mohon konfirmasi setelahnya ke : Email : [email protected] atau Facebook Seindah Sunnah


LEAVE A REPLY