Ragu Mendapatkan Suci Sebelum Fajar, Apakah Harus Menunaikan Shalat Dan Berpuasa ?

0
75

Ragu Mendapatkan Suci Sebelum Fajar, Apakah Harus Menunaikan Shalat Dan Berpuasa?

Pertanyaan :

Pada penghujung haid, saya melihat cairan kekuning-kuningan keluar sebelum azan fajar sekitar dua jam, kemudian saya tertidur, dan saya tidak tahu apakah cairan tersebut berhenti keluar sebelum fajar atau tidak.

Pada pagi harinya saya perhatikan cairan itu telah berhenti keluar, kemudian saya perhatikan sesaat hingga tiba azan Zuhur. Setelah itu saya mandi. Apakah saya harus mengqadha shalat yang terlewat, atau cukup shalat Zuhur saja? Dan apakah saya harus mengqadha puasa hari ini setelah Ramadan nanti?

Jawaban :

Jika wanita datang bulan, asalnya dia tetap dikatakan haid sampai yakin bahwa haidnya telah selesai. Dia tidak dibolehkan berpuasa atau shalat apabila dalam kondisi ragu-ragu, apakah haidnya telah selesai atau belum?

Diriwayatkan dari Aisyah radhiallahu ’anha bahwa dia menyuruh para wanita (yang haid) untuk menunggu dan tidak tergesa-gesa (menyatakan suci) sampai yakin dirinya telah suci. Dia berkata: “Jangan tergesa-gesa sampai engkau semua melihat lendir putih.” Yang beliau maksud adalah (jangan tergesa-gesa menetapkan) suci dari haid.

Dengan demikian, maka anda tidak harus mengqadha shalat fajar, namun anda harus menunaikan shalat Zuhur karena anda telah mendapatkannya dalam kondisi anda telah suci dari haid. Sementara puasanya tidak sah untuk hari itu –jika anda berpuasa- karena anda masih haid di awal waktu, karenanya anda harus mengqadha setelah Ramadan.

Wallallu’alam

  • Artikel ini diposting oleh Website Seindah Sunnah
  • Mohon menyebutkan link dari kami jika antum mengutip dari kami
Segera daftarkan nomer antum untuk mendapatkan Broadcast Dakwah WhatsApp Seindah Sunnah, klik ini
  • Kurma Ajwa Nabi Asli Madinah Grosir dan Eceran klik ini
Dukung Seindah Sunnah dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
  • IKLAN di Website ini hubungi WhatsApp berikut : +62 853 2525 8908
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0454-730-654 a.n. Musa Jundana
  • Mohon untuk konfirmasi donasi ke WhatsApp berikut : +62 853 2525 8908

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.