Indahnya Berkasih Sayang Sesama Muslim Karena ia Bersaudara

0
894

Indahnya Berkasih Sayang Sesama Muslim Karena ia Bersaudara

Manusia adalah makhluk sosial, oleh karenanya  seseorang memerlukan teman hidup bersama orang lain. Oleh karena itu terbentuklah kehidupan berkeluarga, bertetangga dan bermasyarakat. Dalam kehidupan berkelompok tersebut akan dapat tercipta suasana ketentraman, keharmonisan bahkan terwujud stabilitas sosial yang mantap apabila tersebar di dalamnya rahmah ( kasih sayang ) antar dan inter anggotanya. Bahkan rahmat bisa dikatakan sebagai pilar utama untuk mewujudkan kebahagiaan hidup di dunia. Terlebih lagi jika rahmat tersebut dibangun atas dasar syariat islam.

Definisi Rahmah

Rahmah atau kasih sayang adalah kondisi hati yang sangat peka dan kelembutan jiwa yang membuat orang yang bersangkutan mudah memaafkan orang lain, dan sangat senang berbuat baik kepada orang lain. Hanya saja kasih sayang itu tidak selamanya sekedar kelembutan jiwa yang tidak memiliki bukti realisasi, namun kelembutan tersebut terlihat berupa amaliah di dunia nyata.

Kedudukan Rahmah dalam Islam

Islam dalah agama rahmah. Sehingga banyak nash- nash dari Al-Qur’an maupun As-Sunnah yang mengajak kita kepada akhlak yang agung ini dan menganjurkan kita untuk berakhlak dengan akhlak yang mulia ini. Serta menjelaskan keuntungan-keuntungan dari berakhlak denganya. Dalil yang menjelaskan besarnya pengaruh rahmah diantaranya adalah:

1. Hadits yang diriwayatkan oleh Jarir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhu . Nabi Shalallahu ‘alaihi wa salam  bersabda :

لاَ يَرْحَمُ الله ُمَنْ لاَ يَرْحَمُ النَاسَ

“ Allah tidak akan menyayangi orang yang tidak menyayangi orang lain”. ( HR. Bukhari dan Muslim )

2. Dari Abdillah bin Amir Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda :

الرَّاحِمُوْنَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمَنُ, اِرْحَمُوْا مَنْ فِيْ الأَرْضِ يَرْحَمُكُمْ مَنْ  فِيْ السَمَاءِ

“ Orang-orang yang penyayang  maka Allah akan menyayangi mereka, sayangilah oleh kalian para penghuni bumi , maka kalian akan disayangi oleh penghuni langit” ( HR. Abu Dawud dan Tirmidzi ) 

Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa salam adalah orang yang paling penyayang di muka bumi ini. Bahkan diantara tujuan diutusnya beliau adalah sebagai rahmat bagi seluruh alam. Hal ini telah Allah ta’ala abadikan dalam firmannya :

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلاَّ رَحْمَةً لِّلْعَالمََِيْنَ

“ Dan kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam”. ( QS. Al-Anbiya’ ayat 107 ).

Diantara Bentuk-Bentuk Rasa Kasih Sayang dalam Kehidupan

1. Kasih sayang terhadap orang tua.

Allah ta’ala telah berfirman yang artinya :

“ Dan Rabbmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah kepada selain Dia, dan hendaklah berbuat baik kepada Ibu Bapak. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya berusia lanjut dan dalam pemeliharanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan”ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang ٍbaik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “wahai Rabbku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil” . (QS. Al-Isra’ ayat 23-24).

2. Kasih Sayang dalam kehidupan suami istri.

Allah ta’ala telah berfirman yang artinya :

“ Dan diantara tanda-tanda ( kebesaran ) Nya ialah dia menciptakan pasangan- pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang.” ( QS. Ar-Rum ayat 21 ).

3. Kasih sayang terhadap pembantu dan budak.

Nabi Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda yang artinya:

“ Barang siapa yang saudaranya berada pada tanggung jawabnya, maka hendaklah dia memberinya makan seperti apa yang dia makan, dan memberinya pakaian separti apa yang dia pakai, dan janganlah kalian membebaninya dengan sesuatu yang dia tidak mampu baginya, maka jika kalian membebani mereka, maka bantulah mereka.( HR. Bukhari Muslim ).

4. Kasih sayang terhadap anak

Tidak diragukan lagi bahwa anak merupakan amanah yang harus dijaga, diantara muamalah yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap orang tua, yaitu memperlakukan anaknya dengan penuh kelembutan dan penuh kasih sayang, sehingga anak bisa tumbuh menjadi generasi robbani yang maksimal.

5. Kasih sayang terhadap binatang.

Islam mengajarkan umatnya untuk berbuat baik kepada binatang, termasuk pada saat menyembelihnya, maka dianjurkan penyembelihan yang baik, yang tidak menyiksa binatang sembelihannya.

Dan masih banyak lagi bentuk-bentuk kasih sayang yang disebutkan di dalam Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi Shalallahu ‘alaihi wa salam.

Pengaruh-Pengaruh Sifat Rahmah

Sifat rahmah dapat mendorong seseorang untuk berbuat baik kepada orang lain dan mencegah berbuat aniaya kepada orang lain. Dan sifat rahmah ini juga dapat menanamkan rasa kecintaan diantara mereka. Dengan adanya kasih sayang di dalam hati bisa menghilangkan penyebab-penyebab kebencian dan permusuhan diantara kaum muslimin. Maka jadilah kaum muslimin seperti satu tubuh. Yang apabila satu bagian saja darinya merasakan sakit, maka seluruh anggota badan akan merasakanya pula.

Berhias diri dengan sifat rahmah ini merupakan sebab yang paling besar untuk mendapatkan rahmah, pahala, dan perlakuan baik dari Allah ta’ala, Semoga kita termasuk orang-orang yang bersifat serta berakhlak dengan akhlak yang mulia ini, sehingga kita mendapatkan limpahan rahmat Allah ta’ala  yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Wallahu a’lam.

Azzam Al-jauhar

Maroji’:

1. Minhajul muslim karya Syaikh Abu Bakr al-Jazairy

2. Al-Akhlak wal Adab lifiatin nasyi’ah, Karya Abdullah bin Wakil as-Syaikh dan Abdullah bin Muhammad al-‘Amr

NB : Demi menjaga kehormatan saudara kita, mohon di sertakan sumber dan linknya dari kami, ketika share artikel dari kami, Jazakumullahu Khairan

====================================
Daftar Whatsapp Nasehat Seindah Sunnah

Nama # Umur # L/P # Alamat kirim ke +62 852 1119 3332 ( Registrasi via Whatsapp langsung bukan via Sms )

Artikel Ini Di Posting oleh Website Seindah Sunnah
_______________________
Mohon menyebutkan link dari kami jika antum mengutip dari kami
_______________________
Bagi para pembaca yang Ingin Berdonasi untuk kemajuan dakwah kami

Bisa transfer ke rekening BNI Syariah kantor cabang Surakarta 0454-730-654

Mohon konfirmasi setelahnya ke : Email : [email protected] atau Facebook Seindah Sunnah