Korban Crane Masjidil Haram Makkah

0
830

107 KORBAN MENINGGAL DAN 238 TERLUKA DALAM KECELAKAAN DEREK DI MASJIDIL HARAM MEKAH

MAKKAH – Sebuah derek konstruksi besar jatuh di Masjidil Haram dalam cuaca badai pada Jumat malam, menewaskan sedikitnya 107 orang dan melukai 238, kata pihak berwenang Saudi.

Tragedi itu terjadi ketika ratusan ribu jamaah berkumpul dari seluruh dunia untuk ibadah haji tahunan yang diperkirakan akan dimulai pada September 21. Pangeran Khaled Al-Faisal, emir dari Makkah dan penasihat dari Penjaga Dua Masjid Suci, telah memerintahkan penyelidikan atas insiden tersebut.

Asal negara para peziarah yang tewas dan terluka belum diumumkan. Konsul Jenderal India, Pakistan dan Bangladesh mengatakan kepada Saudi Gazette bahwa sejauh ini belum ada laporan yang bisa dikonfirmasi tentang korban dari negara mereka. Konsul Jenderal Pakistan Aftab A. Khokher mengatakan bahwa sekitar 15 jamaah Pakistan terluka dan mereka telah dirawat di dua rumah sakit di Makkah.

Konsul Jenderal India B.S. Mubarak mengatakan 10 jamaah India luka-luka dalam kecelakaan tersebut. Sekitar 25 peziarah Bangladesh menderita luka dan kondisi mereka stabil, menurut AKM Shahidul Karim, konsul jenderal Bangladesh.

Ahmad Al-Mansouri, juru bicara Kepresidenan untuk Urusan Dua Masjid Suci, mengatakan tragedi itu terjadi di pukul 5:10 pm waktu setempat karena angin kencang dan hujan deras, menyebabkan bagian dari derek terjatuh ke dalam area Masjidil Haram di mana jamaah mengelilingi Ka’bah (mataf) dan tempat para jamaah berjalan di antara Gunung Safa dan Marwa (mas’a).

“Setidaknya 107 orang meninggal dan 238 lainnya luka-luka,” katanya.

Jenderal Suleiman Al-Amr, direktur jenderal Otoritas Pertahanan Sipil, mengatakan kepada televisi Al-Ikhbariya angin kuat dan hujan telah menumbangkan pepohonan dan menyebabkan derek terjatuh. “Semua korban yang terluka dan meninggal telah dibawa ke rumah sakit,” katanya.

Al-Mansouri mengatakan Putra Mahkota Muhammad Bin Naif, wakil perdana menteri, menteri dalam negeri dan ketua Komite Haji Tertinggi, dan Pangeran Khaled Al-Faisal, ketua Komite Haji Pusat, segera menindaklanjuti kecelakaan dari awal kejadian. Pihak Komite Haji menyatakan kesedihan mendalam atas tragedi itu dan menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada pimpinan Saudi dan anggota keluarga korban meninggal. Dan berdoa untuk kesembuhan bagi korban luka.

Setelah kecelakaan itu, otoritas kesehatan di Makkah telah menyatakan peringatan siaga di semua rumah sakit di kota. Pihak berwenang Pertahanan Sipil mengatakan di Twitter bahwa tim tanggap darurat dikirim ke tempat kejadian setelah derek jatuh di Masjidil Haram. Kejadian tersebut terjadi sekitar satu jam setelah tweeted bahwa Makkah sedang terjadi hujan yang sangat lebat, dan beredar gambar di media sosial menunjukkan kilatan petir. Gambar insiden beredar di Twitter menunjukkan tubuh berlumuran darah di halaman Masjid di mana bagian atas derek terlihat bengkok atau patah, dan jatuh ke dalam area masjid.

Sebuah video di YouTube menunjukkan orang-orang berteriak dan berlarian di arah kanan setelah kecelakaan besar terdengar dan kabut menyelimuti kota. Derek yang jatuh adalah salah satu jenis derek terbesar yang digunakan di kawasan Timur Tengah.

Ekspansi terbesar dalam sejarah Masjidil Haram ini berada di tahap akhir ketika kecelakaan itu terjadi. Proyek ini akan memperluas area masjid sebesar 400.000 meter persegi, yang memungkinkan untuk menampung hingga 2,2 juta orang sekaligus. Semua bagian mataf yang sudah selesai dibangun dibuka untuk jamaah untuk shalat Jumat pada hari kecelakaan.

Sementara itu, Saudi Binladin Group, yang melaksanakan proyek perluasan Masjidil Haram, mengumumkan penghentian semua pekerjaan konstruksi. Muhammad Muneeb Agha, wakil direktur eksekutif umum, mengatakan bahwa hari kerja terakhir di lokasi proyek itu adalah Kamis, 10 September. “Sesuai arahan dari Nawaf Bakar Binladin, mereka hanya bekerja untuk pembersihan, pemindahan puing-puing, dan keselamatan kerja akan terus dijaga, “katanya.

Sumber : Saudi Gazette

Artikel Ini Di Posting oleh Website Seindah Sunnah
_______________________
Mohon menyebutkan link dari kami jika antum mengutip dari kami
_______________________
Bagi para pembaca yang Ingin Berdonasi untuk kemajuan dakwah kami

Bisa transfer ke rekening BNI Syariah kantor cabang Surakarta 0454-730-654

Mohon konfirmasi setelahnya ke : Email : [email protected] atau Facebook Seindah Sunnah


LEAVE A REPLY