Ini Penjelasan Arab Saudi terkait Pengungsi Suriah

0
1607

Dituding Tak Bantu Pengungsi Suriah, Ini Penjelasan Arab Saudi

Riyadh,- Pemerintah Arab Saudi angkat bicara mengenai pemberitaan “keliru dan palsu” soal responsnya atas krisis pengungsi Suriah. Ditegaskan Saudi, pihaknya telah memberikan izin tinggal bagi 100 ribu pengungsi Suriah di negeri itu.Pernyataan Saudi ini mengikuti pembelaan serupa oleh Uni Emirat Arab terkait kritikan sejumlah pihak atas respons negara-negara kaya Arab, yang dianggap kurang berbuat banyak untuk menampung lebih dari empat juta pengungsi Suriah.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Saudi mengatakan, pemerintah Saudi tak ingin pamer atau mengumbar di media mengenai responsnya atas krisis pengungsi Suriah.”Akan tetapi, kami melihat perlunya menjelaskan upaya-upaya ini guna merespons pemberitaan media yang kelirudan palsu mengenai kerajaan,” kata pejabat yang tak disebut namanya itu kepada kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA)dan dilansir AFP,Sabtu (12/9/2015).

Diterangkan pejabat Saudi itu, pemerintah Saudi bahkan telah berbuat lebih dengan tidak menganggap para pengungsi Suriah sebagai pengungsi belaka. Melainkan telah mengeluarkan izin tinggal bagi 100 ribu warga Suriah.”Dengan itu maka ada hak atas pendidikan gratis, layanan kesehatan dan pekerjaan menurut dekrit kerajaan pada tahun 2012 yang juga menyatakan bahwa pelajar Suriah yang datang ke kerajaaan ini bisa dimasukkan ke sekolah-sekolah publik,” kata pejabat Saudi tersebut.

Ditambahkan pejabat tersebut, pemerintahSaudi juga telah membantu jutaan pengungsi Suriah di Yordania, Libanon dan lainnya dengan bekerja sama dengan negara-negara tersebut dan menyalurkan bantuan kemanusiaan senilai total US$ 700 juta.

Artikel Ini Di Posting oleh Website Seindah Sunnah
_______________________
Mohon menyebutkan link dari kami jika antum mengutip dari kami
_______________________
Bagi para pembaca yang Ingin Berdonasi untuk kemajuan dakwah kami

Bisa transfer ke rekening BNI Syariah kantor cabang Surakarta 0454-730-654

Mohon konfirmasi setelahnya ke : Email : [email protected] atau Facebook Seindah Sunnah


LEAVE A REPLY