Tidak Mampu Memakai Ihram Karena Dia Terkena Sakit

0
36

Tidak Mampu Memakai Ihram Karena Dia Terkena Sakit

Pertanyaan :

Seseorang ingin menunaikan umrah, akan tetapi dia tidak mampu memakai kain ihram karena dia sakit dan lumpuh. Apakah diperbolehkan melaksanakan umrah dengan pakaiannya ? Apakah dia terkena tebusan?

Jawaban :

Alhamdulillah

Ya, kalau seseorang tidak mampu memakai pakaian ihram, dia memakai yang sesuai dari pakaian lain dan diperbolehkan. Dan menurut ahli ilmu dia menyembelih kambing dan dibagikan kepada orang-orang fakir. Atau memberi makan enam orang miskin masing-masing diberi setengah sho’ atau puasa tiga hari. Begitu juga ahli ilmu mengqiyaskan apa yang ada dalam menggundul kepala dimana Allah ta’ala berfirman:

(وَلَا تَحْلِقُوا رُءُوسَكُمْ حَتَّى يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهُ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ بِهِ أَذًى مِنْ رَأْسِهِ فَفِدْيَةٌ مِنْ صِيَامٍ أَوْ صَدَقَةٍ أَوْ نُسُكٍ) البقرة/196

“ Dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum korban sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu ia bercukur), maka wajiblah atasnya berfid-yah, yaitu: berpuasa atau bersedekah atau berkorban.” QS. Al-Baqarah: 197.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam telah menjelaskan bahwa puasa tiga hari, shodaqah memberi makan kepada enam orang miskin masing-masing orang miskin setengah sho’. Dan nusuk dengan menyembelih kambing. Menyembelih dan memberi makan dalam masalah ini di Mekah untuk kehati-hatian. Karena melanggar larangan memakai baju terus menerus sampai tahalul.

Sumber : ( Majmu Fatawa Ibnu Utsaimin, (22/138)

  • Artikel ini diposting oleh Website Seindah Sunnah
  • Mohon menyebutkan link dari kami jika antum mengutip dari kami
Segera daftarkan nomer antum untuk mendapatkan Broadcast Dakwah WhatsApp Seindah Sunnah, klik ini
  • Kurma Ajwa Nabi Asli Madinah Grosir dan Eceran klik ini
Dukung Seindah Sunnah dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
  • IKLAN di Website ini hubungi WhatsApp berikut : +62 853 2525 8908
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0454-730-654 a.n. Musa Jundana
  • Mohon untuk konfirmasi donasi ke WhatsApp berikut : +62 853 2525 8908

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.